BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 11 Desember 2010

Demi Keselamatan, Julian Assange Dipindah ke Unit Isolasi Penjara London


PENDIRI WIKILEAKS

Pendiri WikiLeaks Julian Assange kini berada dalam unit terpisah di penjara London, Inggris. Hal itu dilakukan demi keselamatan pria kelahiran Australia itu.

Assange telah dipindahkan dari bagian utama di penjara Wandsworth ke sebuah unit isolasi.

"Otoritas penjara melakukan itu demi keselamatan dirinya sendiri, bisa dikatakan begitu," kata Jennifer Robinson, salah seorang anggota tim kuasa hukum Assange kepada kantor berita AFP, Sabtu (11/12/2010).

Assange akan muncul di pengadilan London untuk kedua kalinya pada Selasa, 14 Desember mendatang. Pria berumur 39 tahun itu ditahan di London menyusul perintah penangkapan yang dikeluarkan Swedia. Assange ditahan terkait tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap dua wanita Swedia.

Assange membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Menurutnya, tuduhan-tuduhan itu bermotif politik sebab situs WikiLeaks telah menimbulkan kemarahan pemerintah AS dengan merilis ribuan kabel diplomatik rahasia AS.

Ibunda Assange, Christine Assange mengkhawatirkan putranya itu karena adanya "kekuatan masiv" yang diatur terhadapnya. "Kekuatan masiv ini telah memutuskan bahwa mereka akan menghentikan dia dan mereka tak akan bertindak sesuai aturan," tutur Christine.

Christine juga menegaskan bahwa putranya tak mungkin memperkosa. "Julian, memperkosa?... Tak mungkin. Julian tak akan memperkosa," tegasnya.

0 komentar: