BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Sabtu, 11 Desember 2010

Dukung WikiLeaks, Ratusan Orang Berunjuk Rasa di Australia

Ratusan warga Australia menggelar unjuk rasa untuk mendukung WikiLeaks dan pendirinya, Julian Assange. Mereka mendesak pemerintah Australia untuk membela hak-hak Assange, pria kelahiran Australia berumur 39 tahun.

Dalam aksi yang berlangsung di luar Town Hall di Sydney, sekitar 400 orang berkumpul untuk membela Assange. Demikian seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (10/12/2010).

Dalam aksi protes yang bertepatan dengan Hari HAM Internasional itu, massa mengkritik komentar Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard mengenai Assange. Gillard mencetuskan bahwa Assange bertindak ilegal dan tidak bertanggung jawab dengan membocorkan ratusan ribu kabel-kabel diplomatik AS.

"Saya benar-benar mengutuk penempatan informasi ini di situs WikiLeaks. Itu hal yang sangat tidak bertanggung jawab dan merupakan hal yang ilegal," kata Gillard beberapa hari lalu.

Namun para demonstran Australia dalam aksinya hari ini menentang pernyataan Gillard tersebut. Sejumlah demonstran membawa banner bertuliskan "Ayolah Julia, hukum mana yang telah dilanggar Assange?"

Selain di Sydney, aksi demo mendukung Assange juga terjadi di wilayah-wilayah lain Australia. Sementara itu, kelompok aktivis GetUp! menyatakan, lebih dari 50 ribu orang telah menandatangani petisi berisi dukungan atas kebebasan informasi.

Kelompok tersebut juga telah menggalang dana hampir US$ 250.000 yang akan digunakan untuk biaya mempublikasikan petisi tersebut di surat-surat kabar AS.


0 komentar: