BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 03 November 2010

Mandau Tanduk Rusa Berharga Jutaan


Siang itu para suku dayak berburu babi hutan di Nanga Bungan. Berburu sudah menjadi kebiasaan suku Dayak Punan ini. Ada satu hal yang menarik kala itu, yakni sebilah senjata yang diselipkan di pinggang. Mereka menyebutnya mandau. Bentuknya seperti parang tapi ada sedikit ukiran di salah satu sisinya. Sarung senjatanya pun menarik dengan hiasan anyaman rotan yang halus sekali ketika disentuh. bilah mandau itu sangat tajam, dan siap melukai daging-daging hewan hutan.

Pegangan mandau itu terbuat dari tanduk rusa. Mereka membuatnya sendiri dari rusa hasil buruan. Tanduk yang sudah dibersihkan kemudian direbus seharian. Setelah lunak barulah tanduk itu diukir dengan sangat hati-hati dan teliti. Jika tidak berhati-hati maka tanduk bisa patah. Ukiran yang mereka buat pun tidak sembarangan. Setiap bentuk punya makna tersendiri.

Sekarang, saat rusa semakin sedikit, pegangan mandau banyak dibuat dari kayu. Kayu yang dipakai adalah kayu pilihan seperti kayu belian. Sarung mandau juga kadang dihiasi manik-manik yang dirangkai sendiri oleh mereka. Karena keistimewaan inilah mandau bisa dijual dengan harga jutaan bergantung pada motif dan tingkat kesulitan pembuatan.Bahkan ada juga orang yang tidak mau menjual mandaunya dengan alasan akan diberikan keapda anak. Istimewa sekali bukan? Maka dari itu jangan sekali-sekali menginjak atau meremehkan mandau di depan orang Dayak. Namun, hal ini tidak berlaku untuk mandau yang dijual di pasaran dengan harga murah karena nilainya sudah berbeda dengan mandau asli milik orang Dayak.

Mandau asli memang sangat mahal...
karena itu ya banyak yang membuat replikanya... ^_^

0 komentar: